Update Produk :

Perlengkapan Membuat TV Kabel Sendiri

Berikut kami ceritain sedikit apa apa aja yang kudu disiapin kalo mau buat TV Kabel                                                


 1.Ruang Perlengkapan / Head End


Yang pertama kali kudu disiapin pastinya ,ruangan yang cukup untuk meletakkan perangkat yang dipergunakan minimal ukuran 3 m x 3 m.
Kalo yang ane gunain ,ruangannya cukup lebar sekitar 4 m x 5 m yang sudah dilengkapi dengan 1 unit AC 3/4 PK Merk Panasonic buat ngedinginin perangkat,maklum perangkat ini digunakan nonstop selama 24 jam

2.Rak

Biar lebih efisien dan gampang mengaturnya.semua perlengkapan TV kabel disusun pada sebuah rak.
dari gambar diatas ,ane pake rak kayu buat meletakkan beberapa perlengkapan seperti receiver, modulator daan lain lain karena biayanya lebih murah ketimbang rak dari besi.

3.Instalasi listrik.

Untuk mengoperasikan perlengkapan TV Kabel ini pastinya diperlukan sumber listrik yang stabil dan cukup agar semua perlatan dapat bekerja maksimal dan sesuai harapan.
Penataan instalasi listrik juga diperlukan agar kita mudah dalam perawatan dan pastinya lebih enak dipandang.

Selain itu agar suplay listrik untuk perlengkapan TV Kabel selalu ada maka selain diperlukan Genset sebagai listrik cadangan saat PLN padam 
Juga dibutuhkan UPS ( uninterruptible power supply ).Gampangnya alat penyimpan listrik.
Yang gunanya buat jaga jaga agar ketika listrik PLN mati sesaat atau saat Genset masih dalam persiapan ,listrik tetap menyala hingga peralatan TV Kabel tetap dan pelanggan menjadi tidak kecewa.

UPS yang diperlukan harus disesuaikan dengan jumlah daya yang dipakai.
Kebetulan ane pake UPS yang punya daya sekitar 3000 Watt,  Merk APC type 3000 XL 
Kalau mau yang lebih murah bisa pakai yang 1000 Watt





4.Pesawat Televisi

Dari gambar diatas ane pake TV LED merk LG 32 inchi,biar puas ngeliat hasil gambarnya,tapi kalo mau pake TV yang kecil juga gak apa apa yang penting bisa memantau out put yang dihasilkan perangkat TV Kabel baik dari segi suara maupun kwalitas gambar

Selain itu ,televisi juga digunakan untuk mengetahui urutan chanel siaran TV yang akan dikirimkan ke TV penerima.









Peralatan Tv kabel selanjutnya adalah Receiver

Receiver

Receiver TV Cable
4.Receiver
Fungsi Receiver adalah untuk memilah dan memilih frekuensi siaran TV yang ditangkap oleh antenna Parabola yang kemudian sinyal tersebut dirubah menjadi sinyal audio video.
Jumlah receiver yang digunakan tergantung berapa banyak chanel yang ente mau buat,misalnya 10 Chanel yang ente inginkan maka harus ada 10 Receiver yang ente siapin. 
Dari gambar diatas,receiver yang ane pake berjumlah 20 buah :
Receiver berbayar     : Indovision 1bh dan Telkomvision 2 bh dan Orange TV 2 bh
Receiver tanpa bayar : Matrix sebanyak 15 bh
Harga Receiver tanpa bayar bervariasi mulai dari Rp.400,000 - Rp,1,500,000,-
Kebetulanane pake Matrix yang harganya sekitar Rp,500,000 an. 
Receiver berbayar seperti Indovison /Telokmvision/Orange TV , digunakan untuk memenuhi permintaan pelanggan yang hobby menonton siaran langsung pertandingan sepak bola seperti piala dunia atau UEFA.,karena siaran pada receiver gratis akan diacak dan tak dapat ditonton.
Disamping itu terkadang beda event atau beda pertandingan, beda pula yang punya hak siar.
Dalam penggunaan receiver berbayar yang harus diperhatikan adalah masa berlaku voucer /kartu bayar receiver tersebut,
Ada baikknya jika voucher tersebut dibayarkan dalam jangka waktu yang cukup panjang misalnya selama 1 tahun sekaligus agar tidak merepotkan kita dalam hal melayani pelanggan.
Karena bisa saja,ketika kita lupa mengisi ulang voucher,maka siaran yang kita terima akan terhenti secara otomatis.
Dalam menempatkan reciver ada baiknya disusun sebaik mungkin.
Misalnya kita menggunakan Modulator type 4 in 1 maka posisikan receiver yang inputnya akan dimasukkan ke Modulator tersebut sedekat mungkin agar mudah dan rapih dalam pemasangan kabel listrik,kabel antena maupun kabel RCA nya.
Untuk lebih memudahkan pemantauan kwalitas gambar dan suara serta posisi urutan chanel , ane buat tagging / nama pada rak. Misalnya rak receiver 1 untuk Chanel Indosiar , rak receiver 2 untuk chanel RCTI dst.
Berikut macam macam Receiver yang bisa ditemui dipasaran
1.Receiver Manhattan 8800pvr  Mpeg 2 
2.Receiver Skynindo Hd 77 
3.Receiver Skynindo HD800 
4.Receiver Telkomvision Mpeg-4 
5.Receiver Matrik Pro Link HD Ethernet New
6.Receiver Matrik Garuda 
7.Receeiver Matrik Starlink V HD Ethernet 
8.Receiver Get Me HD 5 

  
Perlengkapan TV kabel berikutnya adalah  Modulator
  Multi-Channel RF Modulator UHF ( 4-AV Input )
  
 
RF Modulator UHF ini adalah alatuntuk mengubah sinyal dari 4 buah input AV (Misalnya:DVD,CCTV camera, Decoder Parabola, dll) menjadi sinyal RF dengan channel UHF yang dapat kita pilih sendiri sesuai dengan kebutuhan. Tujuannya adalah untuk mengikutkan/menambahkan keempat input AV tersebut ke dalam jalur kabel coaxial (dari antena TV atau TV kabel) untuk didistribusikan ke beberapa TV.  Untuk mendistribusikan siaran ke beberapa TV bisa menggunakan TV Booster & Splitter.
    Alat ini bisa digunakan untuk membuat jaringan TV kabel, yang channel-channel yang akan     didistribusikan bisa diatur dari AV input-nya dan diletakkan pada channel UHF yang bisa kita     tentukan sendiri. AV Input-nya bisa dari CCTV Camera, DVD atau dari receiver parabola      ataupun dekoder TV berbayar.     Jika ingin menggunakan lebih dari 4 input AV, bisa menggunakan alat tersebut lebih dari 1 unit.     Dengan rangkaian RF Out dari unit yang satu masuk ke RF Input unit lainnya, dan RF out dari     unit terakhir yang didistribusikan ke masing-masing televisi.        Contoh Diagram :               
Share this article :
 
Support :Creating Website | Fasa Digital | Fiqi Ahmad
Copyright © 2021. INFO DUNIA - All Rights Reserved
Dibuat Dan Disupport Published by Fiqi Ahmad
#CV.TRISAKTI