Update Produk :

Tips cara cepat belajar gitar melodi solo (lead guitar) untuk pemula

http://kemplungers.blogspot.com/2011/03/jenis-jenis-scale.html#ixzz3BLAtKgS8


Pilih gitar yang berkualitas

Kualitas gitar juga sangat mempengaruhi, apalagi saat Anda masih belajar untk memainkannya. Gitar yang berkualitas buruk umumnya tak nyaman dijari, yang rata-rata disebabkan oleh fretboard dan senar yang jaraknya terlalu tinggi. Terkadang juga pada beberapa fret ada nada yang keluar dari kunci, artinya ada bagian fret yang fals. Musisi profesioal saja akan merasa kesulitan memainkannya, apalagi yang masih mau belajar?.

Ketahui skala melodi

Ketahui apasaja style melodi (skala) yang umum dimainkan pada berbagai jenis musik. Style melodi yang dikenal Misalnya adalah seperti Diatonik, pentatonik, natural, arpegio, dsb. Macam-macam scale yang ada, umumnya dimainkan untuk menciptakan nuansa pada jenis musik yang berbeda-beda. Style melodi Yang paling dasar, dan paling umum dimainkan untuk memberikan nuansa dalam musik rock dan blues adalah scale pentatonik. dan lainya dapat Di lihat Disini


Latih jari Anda

Ketika Anda pertama kali mengambil gitar setiap hari, luangkan waktu beberapa menit pada untuk bermain lambat. Biarkan jari Anda terbiasa merasakan senar dan fretboard gitar. Latih jari-jari Anda memainkan salah satu scale naik dan turun(fingering), jangan langsung ingin bermain cepat dulu. Cobalah selaraskan antara senar yang ditekan dan tangan yang dipetik dengan baik. Disini Anda juga harus belajar bagaimana cara memetik(picking) yang baik da benar. Jika Anda seorang pemula, Anda disini bertujuan untuk melatih otot-otot di tangan Anda supaya semakin terbiasa.

Membayangkan

Jika Anda mengalami masalah dengan perubahan akord atau memilih main solo, maka berhenti bermain. Lepaskan dulu tangan Anda dari gitar, dan bayangkan diri Anda sedang bermain beberapa kali. Bayangkan tangan Anda bergerak, dan bayangkan suara gitar yang akan Anda menciptakan. Kemudian cobalah untuk bermain kembali secara perlahan-lahan. Koordinasi fisik jemari Anda mungkin masih terasa sulit, tetapi sekali pikiran Anda mengerti apa yang Anda coba untuk lakukan, maka ini akan jauh lebih mudah untuk melakukannya dengan benar .

Pengulangan

Pengulangan berguna untuk menciptakan hubungan baru antara neuron yang ada di otak Anda, yang disebut sinapsis. Ketika Anda belajar sesuatu yang baru, seperti misalnya skala pentatonik C Mayor, maka otak Anda akan menciptakan sinaps baru. Koneksi ini akan diperkuat dengan pengulangan. Tidak ada jalan pintas untuk melalui proses ini, Anda hanya perlu waktu untuk latihan. Tetapi bahkan hanya 15 menit pengulangan yang terfokus akan membantu Anda untuk belajar dengan sangat cepat.

Memecah lagu yang dipelajari

Ketika Anda belajar memainkan sebuah lagu baru dengan gitar, pecahlah lagu yang Anda pelajari menjadi potongan-potongan yang dapat dipraktekkan dengan mudah. Kemudian jika semua bagian sudah Anda kuasai, mulailah untuk menghubungkan seluruh potongan . Untuk lagu-lagu baru akan menghabiskan sedikit waktu bagi setiap individu, sebelum mencoba untuk bermain mulai dari awal sampai akhir. Jika Anda mencoba untuk memainkan solo gitar baru, fokuslah pada satu frase pada suatu waktu, kemudian berlatih untuk menghubungkan setiap frase. Jauh lebih mudah untuk menangani banyak potongan yang lebih kecil dari sebuah potongan yang besar .

Latihan sebelum tidur

Ketika Anda tidur otak Anda terus bekerja pada orang yang mengalami sinapsis. Sama halnya seperti mengangkat beban, dan akan membutuhkan waktu untuk pemulihan otot-otot untuk menjadi lebih kuat. Otak Anda juga membutuhkan waktu pemulihan untuk memproses apa yang baru saja Anda pelajari. Berlatih tepat sebelum tidur ( atau tidur siang ) mungkin adalah cara terbaik untuk belajar sesuatu yang baru. Cobalah mencoba sesuatu yang baru  setengah jam sebelum Anda pergi tidur . Keesokan harinya, ambil gitar dan mulai mencoba untuk memainkannya. Ini jauh lebih mudah daripada tadi malam, kan? .. Memperhatikan perkembangan dari satu hari ke hari berikutnya adalah motivator yang baik untuk terus berlatih.

Bermain vs Berlatih

Ada perbedaan antara bermain gitar dan belajar gitar. Sadarilah hal mana yang Anda lakukan. Bermain gitar adalah mencoba untuk tak melakukan kesalahan, karena kesalahan sudah ditemukan dan diperbaiki pada saat belajar gitar. Jadi pertama adalah belajar dulu, dengan segala macam kesalahan dan mencoba untuk membenahinya. Setelah merasa sudah cukup mampu, maka bermainlah dengan harus tanpa kesalahan.

Jangan Takut salah

Ketika Anda belajar sesuatu yang baru, Anda pasti akan membuat banyak kesalahan . Saya selalu berkata kepada diri sendiri bahwa kesalahan-kesalahan pasti akan terjadi, jadi saya mungkin mereka juga demikian . Yang penting adalah bahwa Anda harus bisa mengidentifikasi titik masalah, dan kemudian istirahat dari bagian itu dan memperbaiki titik-titik masalah. Di sinilah peran seorang guru yang baik benar-benar dibutuhkan.

Praktek Memperbaiki Kesalahan

Karena kesalahan yang pasti akan terjadi dari waktu ke waktu, maka belajarlah bagaimana cara untuk melewati itu dan terus bermain. Metronom adalah alat yang hebat untuk latihan ini. Metronom akan terus bergerak terus dan harus jadi sebuah musik, apakah Anda memukul kord atau tidak. Metronom Tidak akan berhenti pada setiap kali Anda mengacaukannya. Alunan musik itu terus berjalan, dan tugas Anda adalah untuk membuatnya tetap selaras hingga permainan usai dan metronom berhenti.

Belajar bersama Teman

Pelajari lagu-lagu yang sama bersama dengan teman-teman Anda . Anda tidak perlu untuk membuat sebuah grup band, tetapi bermain bersama akan memotivasi Anda untuk mempelajari dan belajar dengan baik. Belum lagi itu akan sangat menyenangkan.


Pengulangan-pengulangan, latihan-latihan pada akhirnya dengan sendirinya akan menciptakan feeling yang baik dan kecepatan bagi Anda untuk bermain guitar melodi.

Rekam Hasilnya sendiri dirumah


Terus berlatih dan rekam permainanmu entah menggunakan HP atau Handycame entah suara atau video , tapi lebih enak pake backing track atau jamtrack kalo belum bisa bikin track sendiri download aja di iinternet juga banyak, dengan merekam sendiri permainanmu kamu akan tau bagian asik dan bagian yang kurang pas dan perlu di benahi terus latih dan latih, seperti saya kalo di rumah lihat video saya berikut heheheheheh promo....

VIDEO DEMO

Sory Kamar saya Berantakan Hehehehehehehe

Sory Nge-rokok hehehehehhe


Sory Kamar saya Berantakan Hehehehehehehe


Dan Kalo kamu sudah bisa merekam silahkan rekam dalam bentuk format audio bisa record sendiri atau record distudio rekaman seperti demo gitar saya berikut heheheheh promosi lagi



SELAMAT MENCOBA HEHEHE........
Share this article :
 
Support :Creating Website | Fasa Digital | Fiqi Ahmad
Copyright © 2021. INFO DUNIA - All Rights Reserved
Dibuat Dan Disupport Published by Fiqi Ahmad
#CV.TRISAKTI