Update Produk :

Kelemahan dan Keunggulan Berbagai Jenis LNB (frekwensi) Yang Digunakan Parabola Berlangganan (Pay TV)

LNB C-Band

C-Band
Skynindo ( Palapa-D )
TELKOMVision, YesTV ( Telkom-1 ) Orange TV (C - Band) , K-Vision (C - Band)

C-Band relatif tahan cuaca buruk dan tahan interferensi gelombang WiFi .Umumnya digunakan di Asia dan banyak siaran yang bebas ( FTA / Free To Air ) menggunakan gelombang ini Penerimaan yang baik adalah apabila menggunakan dish / piringan berukuran besar minimum 6 feet ( 180 cm ) jenis mesh / jaring atau solid / metal .

Untuk Skynindo harga paket relatif terjangkau tetapi tidak / belum ada channel grup HBO . Banyak siaran TV Taiwan dan sering siarannya jadi FTA sehingga bisa didapatkan pada receiver lain misalnya Matrix / Venus atau receiver Orange TV . Receiver Skynindo terbaru ( HD-77 ) sudah support input BISS Key disamping blind scan yang sudah ada pada receiver Skynindo HD-800 sebelumnya .

Untuk Telkomvision / Yes TV apabila dish nya menggunakan 6 feet lebih optimal sebab receiver juga dapat menangkap siaran satelit lain yang FTA menggunakan C-Band . Kecuali apabila diacak menggunakan sistem BISS .

Banyak siaran FTA pada C-Band di Asia .
========================================================================




LNB KU Band

Ku-Band
Parabola Orange TV ( Palapa-D )
Aora TV, Astro Malaysia, Centrin TV, Orange TV , BIG TV , Orange TV a Plus, K-Vision , Viv ( MEASAT 3A / MEASAT 3 )

Memang Ku-Band tidak tahan awan tebal dan cuaca buruk namun tahan interferensi gelombang WiFi .Umumnya digunakan di Eropa dibandingkan di Asia Power satelit yang besar memungkinkan penerimaan dengan piringan / dish berukuran kecil Untuk Orange TV saat ini paket all channel nya yang sedang promo cukup murah dengan channel kualitas hampir setara Indovision .

Selain itu receiver Orange TV bisa blind scan untuk satelit lain ( termasuk C-Band tergantung LNB dan arahnya ) Jadi bisa saja menyaksikan siaran FTA dari satelit lain terutama yang C-Band apabila dishnya diganti menggunakan dish solid 6 feet ( bukan dish mesh / jaring sebab ada unsur Ku-Band ) Disarankan menggunakan LNB Combo C / Ku-Band Receiver Orange TV belum bisa input BISS Key .

========================================================================




LNB S Band
S-Band
Indovision, OKEVISION, TopTV ( SES-7 )

S-Band tahan cuaca buruk tetapi apabila di sekitar gedung banyak menggunakan antena pemancar WiFi maka siaran akan terganggu karena panjang gelombang S-Band dan WiFi adalah hampir sama, sehingga LNB perlu dibungkus aluminium foil . Tidak diperlukan piringan parabola / dish berukuran besar .

Sayangnya di Asia tidak banyak yang menggunakan S-Band Paket Indovision yang memang relatif mahal
adalah untuk kalangan yang lebih mampu menjangkaunya, sedangkan untuk yang lumayan terjangkau telah disediakan OKEVISION dan TopTV .

Receiver Indovision / OKEVISION / TopTV tentunya tidak dapat menangkap siaran dari satelit lain karena tidak ada fitur blind scan dan juga tidak support input BISS Key .
Share this article :
 
Support :Creating Website | Fasa Digital | Fiqi Ahmad
Copyright © 2021. INFO DUNIA - All Rights Reserved
Dibuat Dan Disupport Published by Fiqi Ahmad
#CV.TRISAKTI